Senin, 04 September 2017

Mengatasi Baterai Xiaomi Yang Boros dan Cepat Habis


Baterai Android Xiaomi Boros dan Cara Mengatasi – Memiliki gadget Android seperti Xiaomi pastinya ingin selalu memegangnya dan ingin setiap saat selalu di temani dengan gadget kesayangan Sobat. Namun, pada akhirnya gadget yang sudah lama dipakai akan memiliki performa yang menurun dan kondisi baterainyapun sudah tak bisa tahan lama seperti saat gadget Xiaomi dalam kondisi baru.
Menghemat Baterai Xiaomi
Sebenarnya masalah baterai boros pada Xiaomi maupun ponsel Android lainya adalah masalah utama yang sering didapati para pemakai gadget seperti halnya Xiaomi, Xiaomi yang mengalami baterai boros dan penuruan daya tahan baterai biasanya dikarenakan terlalu banyak memakai aplikasi bahkan terlalu lama gadget Xiaomi dinyalakan. Karena memang konsumsi baterai Xiaomi paling banyak digunakan adalah saat menghidupka layar sentuh.

Artikel kali ini akan membahas mengenai menghemat baterai pada Xiaomi dan cara mengatasi baterai Xiaomi yang boros, bahkan nantinya artikel ini akan sedikit memberikan tips cara bagaimana agar baterai Xiaomi tetap dalam keadaan prima.

Baca Juga :

Atasi Baterai yang Boros di Xiaomi
Berikut ada beberapa, cara untuk menghemat dan mengatasi baterai Xiaomi yang boros yang akan di rangkum Serbaxiaomi.com, silahkan nanti Sobat untuk bisa memilih dan mencoba untuk trik menghemat baterai untuk ponsel Xiaomi Sobat.

1.      Mematikan notifikasi
Mematikan atau disable notifikasi adalah cara yang pertama untuk menghemat daya baterai Xiaomi, aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya Sobat matikan saja atau uninstall saja karena aplikasi ini akan selalu bekerja di balik layar meskipun Sobat tidak mengakses aplikasi ini. Cara untuk mematikan notifikasinya sebagai berikut, Menu Setting -> Notifikasi and status bar -> App preference. Kemudian pilih dan setting yang hanya mendapatkan notifikasi dari aplikasi yang Sobat perlukan.

2.      Mematikan fitur GPS
GPS yang tidak dipakai seharusnya tetap harus dalam kondisi OFF, karena jika fitur GPS selalu ON maka gadget Xiaomi Sobat akan selalu bekerja untuk mengakses mencari titik lokasi Sobat. Nah hal inilah yang membuat baterai Xiaomi Sobat boros dan perlu untuk selalu di matikan jikapun GPS tidak terpakai.

3.      Aktifkan Fitur Bateri Saver
Pada MIUI 8 telah memiliki fitur menu baru yang dimana menu tersebut ternyata adalah menu dengan fitur yang menunjang untuk penghematan baterai Xiaomi Sobat. Untuk mengaktifkan fitur Baterai Saver dengan cara buka Aplikasi Security dan cari saja untuk penghematan baterai Xiaomi.

4.      Mengatur Kecerahan Layar
Pasti Sobat semua sudah tahu, jika penggunaan layar dengan kecerahan yang penuh akan membuat baterai Xiaomi cepat boros dan cepat habis, maka sesuaikan keperluan kecerahan ponsel Xiaomi Sobat agar baterai Xiaomi Sobat dalam kondisi hemat dan dalam performa yang baik.

5.      Non Aktifkan Getar
Pengaturan bawaan Xiaomi memiliki pengaturan yang dimana, jika ponsel Xiaomi Sobat disentuh akan bergetar. Sebenarnya hal ini sangat berpengaruh dalam konsumsi baterai Xiaomi, silahkan untuk non aktifkan fitur getar Xiaomi ini agar Hp Xiaomi Sobat memiliki baterai yang awet.  

6.      Matikan Fitur WiFi
Jika Sobat sedang tidak menggunakan fitur WiFi, maka lebih baik Sobat untuk mematikan WiFi. Karena jika tidak dimatikan, maka Hp Xiaomi akan otomatis selalu mencari koneksi WiFi yang tersedia. Jadi ketika tidak terpakai, secara tidak langsung WiFi akan secara otomatis mencari sinyal dan ini salah satu yang membuat baterai Hp Xiaomi boros.

7.      Matikan Fitur Sinkronisai
Fitur yang selalu menguras baterai Xiaomi dan salah satu yang membuat Xiaomi boros baterai adalah fitur sinkronisasi. Xiaomi Sobat secara default memiliki settingan otomatis selalu melakukan sinkronisasi email dan berbagai aplikasi chatting. Cara untuk mematikan fitur ini adalah masuk kemenu setting lalu pilih Sync.

8.      Matikan Auto Update
Aplikasi yang sering melakukan Auto update adalah seperti Google Play dan Mi Store, maka sebaiknya bila ingin menghemat baterai Xiaomi adalah dengan cara menonaktifikan auto update agar konsumsi baterai Xiaomi bisa tahan lama.

9.      Perpendek untuk Waktu Timout Ponsel
Layar smartphone pasti membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit, maka sebaiknya Sobat untuk memperharikan berapa lama waktu timout pada layar gadget Xiaomi Sobat. Cara untuk setting agar waktu timeout Xiaomi Sobat agar tidak terlalu lama dengan cara klik menu setting -> lock screen and password -> Sleep lalu pilihlah waktu timeout yang pendek atau waktu yang Sobat inginkan.

110.  Menggunakan Wallpaper Statis
Banyak pengguna Xiaomi atau gadget Android menggunakan wallpaper yang bergerak, padahal wallpaper yang bergerak hanya akan membuat konsumsi baterai Xiaomi atau Android terkuras. Sebaiknya untuk menghemat baterai Xiaomi, gunakanlah wallpaper yang statis.

111.  Nyalakan Airplane Mode
Jika Sobat sedang berada di kantor / kampus atau sedang berada di tempat yang memiliki akses hotspot silahkan Sobat untuk menggunakan Airplane mode dengan begitu baterai Xiaomi Sobat lebih awet dan tahan lama saat dipakai.  

12.  Update ROM yang asli
Gunakanlah ROM yang resmi, jika Sobat sedang menggunakan ROM yang bukan aslinya kadang ponsel Xiaomi akan mengalami banyak masalah dan ponsel banyak melakukan error seperti lag dan force close sehingga ini akan mengakibatkan kinerja gadget Xiaomi bekerja keras sehingga akan mempengaruhi daya tahan baterai di Xiaomi Sobat. Dengan begitu silahkan Sobat mengganti ROM yang asli.

Baca Juga :
  1. 7Cara Ampuh Mengatasi Tunggu Sebentar Just a Sec Semua Xiaomi
  2. SinyalSering Hilang Xiaomi Redmi 4, 4A & 4 Prime Atasi Dengan Cara Ini


Nah itulah cara bagaimana menghemat baterai Xiaomi agar tetap awet dan tidak boros, sehingga ponsel Xiaomi tetap tahan lama saat digunakan, semoga artikel yang mambahas alasan baterai Xiaomi yang boros bisa bermanfaat bagi Sobat.

W3Schools