Selasa, 15 Mei 2018

Mengatasi Gagal Update (Tidak dapat Verifikasi Pembaruan Xiaomi) MIUI8 dan 9


Mengatasi Gagal Update (Tidak dapat Verifikasi Pembaruan Xiaomi) – Smartphone pabrikan Tiongkok ini selalu memberikan update-an terbarunya mengenai MIUI nya yang kini sudah meluncurkan pada versi MIUI 9.5. Namun ternyata banyak yang mengalami masalah mengenai pembaruan MIUI yaitu gagalnya proses saat update MIUI di Xiaomi, sehingga pembaruan MIUI di perangkat Xiaomi pun tidak bisa.

Serbaxiaomi.com menemukan masalah ini pada salah satu Mifans pada perangkat Xiaomi yang ingin update ke MIUI V9.5.8.0 yang gagal tidak bisa update dengan menampilkan pesan error “Tidalk Dapat Verifikasi Pembaruan” sebenarnya masalah ini sepele dan mudah sekali untuk mengatasinya. Ada pun penyebab alasan kenapa MIUI gagal update antara lain :
1. Jaringan internet, bisa jadi jaringan internet Sobat sedang buruk atau lemahnya sinyal sehingga saat proses update terjadi gagal saat download ROM.
2. Update file yang corrupt atau rusak, karena jaringan yang tidak stabil terkadang file ROM yang di download menjadi rusak atau corrup.
3. Jika update via OTA pun tidak tersedia, kemungkinan Xiaomi Sobat menggunakan ROM distibutor.

Adapun solusi mengatasi Xiaomi yang gagal update MIUI / Tidal dapay verifikasi pembaruan adalah desangan cara berikut :
Cara Pertama : 
1. Lakukan update ulang dan pastikan Xiaomi Sobat sudah terhubung pada Wifi.
2. Setting update dengan benar dengan cara : Buka aplikasi update -> pilih menu titik tiga di pojok kanan atas > kemudian pilih settings/setelan, pastikan pilihan menu periksa via wifi dalam keadaan aktif dan menu automatic update/pembaharuan otomatis off atau dalam keadaan mati.
3. Setelah itu lakukan download update dan tunggu proses sampai selesai,

Cara Kedua :
Jika cara yang pertama di atas tetap gagal untuk pembaruan MIUI maka bisa dengan cara yang kedua  yaitu dengan cara manual:

1.Download ROM secara manual di PC Sobat sesuai tipe Xiaomi Sobat http://en.miui.com/download.html
2. Rename file .zip hasil downloadan dengan nama Update.zip
3.Simpan file Update.zip pada memori internal Xiaomi Sobat, Selanjutnya lakukan salin ke penyimpanan internal Xiaomi Sobat, di luar saja jangan di dalam folder. kemudian restart Xiaomi Sobat.
4. Jika Xiaomi sudah hidup, masuk ke aplikasi updater, selanjutnya klik menu titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih menu "Pilih paket pembaharuan / Choose update package, Jika sudah, silahkan arahkan ke file update.zip yang anda simpan di memory internal Xiaomi Sobat.
5. Tunggu sampai selesai proses updatean MIUI Sobat.

Cara Ketiga :
Jika cara keduapun masih belum bisa update MIUI dan masih ada kegagalan saat proses pembaruan maka, silahkan bisa melakukan cara yang ketiga yaitu dengan melakukan flashing atau install ulang ROM dengan Mi Flash Tool.

Cara Keempat :
Jika cara pertama sampai cara ketiga pun masih gagal maka silahkan langkah terakhir yaitu Sobat bisa meminta bantuan jasa teknisi, silahakan minta untuk melakukan update.


Nah, mungkin itu saja mengenai cara untuk Mengatasi Gagal Update (Tidak dapat Verifikasi Pembaruan Xiaomi) MIUI8 dan 9.

W3Schools